Konsep, Peranan, pengembangan dan Ruang lingkup SIM
PENGERTIAN SIM
Ruang
lingkup SIM sebenarnya tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu sistem,
informasi, dan manajemen.Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling
berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai
suatu tujuan. Di dalam perusahaan, yang dimaksud elemen dari sistem adalah
departemen-departemen internal, seperti persediaan barang mentah, produksi,
persediaan barang jadi, promosi, penjualan, keuangan, personalia; serta pihak
eksternal seperti supplier dan konsumen yang saling terkait satu sama lain dan
membentuk satu kesatuan usaha.
Informasi
adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut
menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang
dibutuhkan oleh orang untuk
menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada. Informasi bagi setiap
elemen akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kebutuhannya masing-masing Manajemen terdiri dari
proses atau kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan seperti
merencanakan (menetapkan strategi, tujuan dan arah tindakan),
mengorganisasikan, memprakarsai, mengkoordinir dan mengendalikan operasi untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
SIM
adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung
pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.
FUNGSI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Fungsi/
manfaat dari sistem informasi manajemen supaya informasi yang dihasilkan itu melalui sistem
informasi dapat berguna untuk manajemen, analisis sistem harus mengetahui
kebutuhan-kebutuhan dari setiap tingkat level. tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen
atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam
pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin
maupun keputusan-keputusan yang strategis.
sehingga
pentingnya SIM yaitu suatu upaya sistem dapat menyediakan kepada pengelola
organisasi data maupun informasi yang saling berkaitan dengan pelaksanaan
tugas-tugas organisasi.
Beberapa
manfaat/ kegunaan dari adanya sistem informasi, yaitu:
1.
Meningkatkan
aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para
pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2.
Menjamin tersedianya
kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.
Mengembangkan proses
perencanaan yang efektif.
4.
Mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.
Menetapkan investasi
yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6.
Mengantisipasi dan
memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi
baru.
7.
Memperbaiki
produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
8.
Organisasi menggunakan
sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan
menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
9.
Bank menggunakan sistem
informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening
koran dan transaksi yang terjadi.
10.
Perusahaan menggunakan
sistem informasi untuk mempertahankan persediaan pada tingkat paling rendah
agar konsisten dengan jenis barang yang tersedia.
Ciri-ciri khusus
dari SIM:
·
Proses manajemen,
seperti perencanaan strategis, pengelolaan fungsi sistem informasi dll.
·
Proses pengembangan,
seperti manajemen proyek, pengembangan sistem.
·
Konsep pengembangan ,
seperti konsep sosio- teknikal, konsep kualitas.
·
Representasi , seperti
sistem basis data, pengkodean program.
·
Sistem Aplikasi ,
seperti knowledge management, executive system
KOMPONEN SIM
Komponen sistem
informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan
data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang
dibutuhkan untuk manajemen, meliputi :
v Komponen
Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional:
-
Sistem Administrasi dan Operasional
-
Sistem Pelaporan
Manajemen
-
Sistem Database
-
Sistem Pencarian
-
Manajemen Data
v Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik:
-
Perangkat keras
:Komputer (CPU, Memory), Pesawat Telepon, Peralatan penyimpan data (Decoder).
-
Perangkat lunak :
Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data, Program
aplikasi
-
DataBase : File-file
tempat penyimpanan data dan informasi, Media penyimpanan seperti pita komputer,
paket piringan
-
Prosedur pengoperasian
: Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan
informasi yang akan digunakan, Instruksi penyiapan data sebagai input,Instruksi
operasional.
-
Personalia
pengoperasian: Operator, Programmer, Analisa sistem, Personalia penyiapan
data,Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.
Model, Pendekatan, dan Metodologi sistem
MODEL
Model
adalah sebuah rencana atau deskripsi
yang dimana itu menjelaskan tentang suatu objek, sistem atau konsep yang sering
kali berupa penyederhanaan atau idealisasi.
Ada beberapa
jenis-jenis model yang kita ketahui :
1.
Model fisik : model tersebut menggambarkan bentuk entitas
dalam tiga dimensi.
2.
Model Naratif : model
tersebut bisa menggambarkan dalam bentuk lisan atau
3.
Model Grafik :
menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau simbol.
4.
Model matematika : menjelaskan
hubungan antara bagiandari suatu objek.
PENDEKATAN
Pendekatan
adalah serangkaian tahapan-tahapan pemecahan masalah secara sistematis.
Ada beberapa tahapan
pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem :
1.
Usaha persiapan
a) Memandang
perusahaan sebagai suatu sistem
b) Mengenal
sistem lingkungan.
c) Mengidentifikasi
subsistem perusahaan.
2.
Usaha definisi
a) Bergerak
dari tingkat sistem ke subsistem. Tujuannya : - mengidentifikasi tingkat sistem
tempat persoalan berada.
b) Menganalisis
bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tersebut.
3.
Usaha pemecahan
a) Pertimbangan
alternatif yang layak.
b) Mengevaluasi
berbagai solusi alternatif
c) Memilih
solusi terbaik.
d) Menerapkan
solusi
e) Memastikan
bahwa solusi tersebut efektif.
Pendekatan
sistem dalam pemecahan masalah dan membuat keputusan (SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN).
1)
Pemecahan masalah
2)
Pengambilan keputusan
dan pemecahan masalah
3)
Pendekatan sistem
4)
Membentuk penilaian.
5)
Merasakan masalah
6)
Mengumpulkan informasi
7) Menggunakan
informasi
METODOLOGI
Metodologi
adalah kesatuan, konsep, aturan yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan, seni atau
disiplin lainnya. metodologi
pengembangan sistem berarti konsep
konsep
pekerjaan, aturan-aturan ( kerangka pemikiran) yang akan digunakan untuk
mengembangkan suatu sistem informasi.
Klasifikasi dari
metodologi :
1. Functional
decomposition methodologies ( metodologi pemecahan fungsional) metode ini menekan pada
pemecahandari sistem ke subsistem
2. Data
oriented methodologies ( metodologi orientasi data) metodologi ini menekan
pada karakteristik dari data yang akan diproses.
3. Prescriptive
methodologies.
Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mencapai
Keunggulan Kompetitif
Sistem
fisik perusahaan adalah sistem lingkaran tertutup, dalam arti dikendalikan oleh
manajemen, menggunakan informasi umpan balik untuk meyakinkan bahwa
tujuan-tujuannya tercapai. Perusahaan juga merupakan sistem terbuka, dalam arti
berhubungan dengan lingkungannya dan ini aspek-aspeknya.
Delapan elemen
lingkungan
1)
Pemasok
2)
Pelanggan
3)
Serikat buruh
4)
Masyarakat Keuangan
5)
Pesaing
6)
Pemegang saham/ pemilik
7)
Pemerintan
8)
Masyarakat global.
Keunggulan
kompetitif.
ini bisa dicapai
melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang
murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan memenuhi
kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang komputer, keunggulan
kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan lavarage di pasar.
Manajer perusahaan menggunakan sumber daya fisik dan konseptual untuk mencapai
tujuan strategis perusahaan.
Sumberdaya
informasi
·
beberapa istilah yang
lazim dikenal.
CEO
(Chief Executif Officer) adalah orang yang memiliki pengaruh paling kuat dalam
opersi perusahaan, dan umumnya memiliki jabatan direktur utama atau ketua dewan
direksi. CFO (Chief Financial Officer) dan COO (Chief Operating Officer). Untuk
manajer jasa informasi CIO ( Chief Information Offecer) yaitu dia menyumbangkan
keahlian manajerialnya bukan saja untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sumberdaya informasi, tetapi juga area operasi perusahaan.
·
Perencanaan Strategis
Perancanaan
jangka panjang dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasikan
tujuan-tujuan yang akan member perusahaan posisi yang paling menguntungkan dalam
lingkungannya, serta menetukan strategi-strategi untuk mencapai tujuan.
·
Perencanaan Strategi
Fungsional
suatu
pendekatan bagi perencanaan fungsional adlah bahwa tiap bidang menetaukan
rencananya sendiri terlepas dari yang lain.
·
Transformasi Kumpulan
Strategi
ketika
jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang
di anjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan
strategis perusahaan, yang di istilahkan dengan kumpulan strategi organisasi
·
Pendekatan SPIR (
strategic planning for information resources)
saat
perusahaan menerapkan SPIR, rencana strategi untuk jasa informasi dan rencana
untuk perusahaan dikembangkan secara kebersamaan.
Isi rencana
strategi sumberdaya informasi
v End-
user computing.
Manfaat
dari End- user computing.
-
pemindahaan beban kerja
-
kesenjangan komunikasi
v Resiko
End- user computing
-
system yang buruk
sasarannya
-
system yang buruk
rancangan dan dokumentasi
-
penggunaan sumberdaya
informasi yang tidak efisien
-
hilangnya integritas
data
-
hilangnya keamanan.
v Model
IRM
kondisi-kondisi
IRM yang diperlukan:
1.
Lingkungan perusahaan
2.
Eksekutif perusahaan
3.
Bidang fungsional
4.
Sumber daya informasi
5.
Pemakai data dan
informasi mengalir antara sumber daya informasi dan para pemakainya.
Implikasi Etis Teknologi Informasi
MORAL,
ETIKA, DAN HUKUM
ü Moral adalah tradisi
kepercayaan mengenai perilaku yang benar dan yang salah.
ü Etika adalah sekumpulan
kepercayaan, standar, atau teladan yang mengarahkan, yang masuk kedalam
seseorang atau masyarakat. Etika biasa jadi amat bervariasi dari satu komunitas
dengan komunitas yang lain. Keberagaman komputer ini biasa dilihat dalam bentuk
peranti lunak bajakan yaitu peranti lunak yang diduplikasi secara ilegal dan
kemudian digunakan atau dijual.
ü Hukum adalah peraturan perilaku
formal yang diterapkan oleh otoritas yang berwenang, seperti pemerintah. Selama
10 tahun pertama penggunaan komputer di bidang bisnis dan pemerintahan, tidak
terdapat hukum yang berkaitan dengan komputer, dikarenakan komputer merupakan
inovasi baru, dan sistem hukum membutuhkan waktu untuk mengerjakan. Pada tahun
1966, kasus kejahatan komputer terjadi, yaitu seseorang programer sebuah bank
mengubah suatu program komputer sehingga program tersebut tidak akan memindai
rekeningnya ketika terlalu banyak menarik uang.
ü Undang-undang
komputer di indonesia pengenalan
teknologi komputer menjadi kurikulum wajib di sekolah yang dimulai dari SD
sampai SMA. Pelajar, mahasiswa dan karyawan dituntut untuk bisa mengoperasikan
program-program komputer dasar seperti Microsoft Office. Tingginya penggunaan
komputer di indonesia memicu pelanggaran dalam penggunaan internet. Berdasarkan
undang-undang hak cipta no. 19 tahun 2002. Upaya ini dilakukan oleh pemerintah
RI untuk melindungi hasil karya orang lain dan menegakkan etika dalam
penggunaan komputer di indonesia.
Isu seputar
etika komputer
lahirnya
etika komputer sebagai sebuah disiplin ilmu baru dalam bidang teknologi tidak
dapat dipisahkan dari permasalahn-permasalahan seputar penggunaan komputer yang
meliputi:
a.
Kejahatan komputer adalah kejahatan yang
ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal. Beberapa jenis kejahatan
komputer meliputi Denial of Services( melumpuhkan layanan sebuah sistem
komputer), penyebaran virus, spam, carding ( pencurian melalui internet) dll.
b.
Netiket adalah sebuah etika
acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet. Standar netiket ditetapkan oleh
IETF ( the internet engineering task force), sebuah komunitas internasional
yang terdiri dari operator, perancang jaringan dan peneliti yang terkait dengan
pengoperasian internet.
c.
E-commerce perdagangan melalui
internet atau yang lebih dikenal e-commerce ini menghasilkan permasalahan baru
seperti perlindungan konsumen, permasalahan kontrak transaksi, masalah pajak
dan kasus pemalsuan tanda tangan digital. Untuk mengatasi permasalah tersebut,
para penjual dan pembeli menggunakan uncitral model law on electronic commerce
1996 sebagai acuan dalam melakukan transaksi lewat internet.
d.
Pelanggaran HAKI berbagai kemudahan yang
ditawarkan oleh internet yang menyebabkan terjadinya pelanngaran HAKI seperti
pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduhan ilegal
MELETAKKAN
MORAL, ETIKA DAN HUKUM PADA TEMPATNYA
1.
Kebutuhan akan budaya
etika: seperti
seorang CEO yang memiliki pengaruh penting pada organisasinya sehingga
masyarakat cenderung memandang perusahaan tersebut seperti CEOnya.
2.
Bagaimana budaya etika
diterapkan: tugas
manajemen atas adalah meyakinkan bahwa konsep etikanya merasuk ke seluruh
organisasi, dan turun ke jajaran bawah sehingga menyentuh karyawa, dia dapat
mencapai implementasi ini melalui tiga tingkat yaitu:
a.kredo perusahaan
b.program etika
c.kode perusahaan yang disesuaikan
a.kredo perusahaan
b.program etika
c.kode perusahaan yang disesuaikan
3.
Meletakkan kredo, prigram
dan kode pada tempatnya: kredo
perusahaan memberikan dasar untuk pelaksanaan program etika perusahaan. Kode
etik tersebut menggambarkan perilaku-perilaku tertentu yang diharapkan
dilaksanakan oleh para karyawan perusahaan dalam berinteraksi antara satu dengan
lain dan dengan elemen-elemen lingkungan perusahaan.
MENERAPKAN
ETIKA DALAM TEKNOLOGI INFORMASI
Bagaimana
budaya etika dicapai dalam sebuah perusahaan ? bantuan dalam bentuk kode etik
dan program edukasi etika yang dapat memberikan fondasi untuk budaya tersebut.
kode etik dapat digunakan seperti pap adanya atau disesuaikan dengan perusahaan tersebut.
kode etik dapat digunakan seperti pap adanya atau disesuaikan dengan perusahaan tersebut.
1.
Kode etik: ACM ( association for
computing marchinery) telah menyusun kode etik dan perilaku professional yang
diharapkan diikuti oleh 80.000 anggotanya. Kode etik dan praktik professional
rekayasa perantik lunak dibuat tujuan agar bertindak sebagai panduan untuk
mengajarkan dan mempraktikkan rekayasa peranti lunak, yaitu penggunaan
prinsip-prinsip perancang dalam pengembangan peranti lunak.
2.
Kode etika dan praktik
profesional rekayasa peranti lunak:
para
ahli peranti lunak pada sistem dan terdiri atas ekspektasi di delapan hal
penting yaitu:
-
Masyarakat
-
Klien dan atasan
-
Produk
-
Penilaian manajemen profesi
-
kolega dan diri
sendiri.
3.
Pendidikan etika
komputer
1) Kuliah
di perguruan tinggi seperti menawarkan mata kuliah etika komputer atau
mengintegrasikan ilmu tersebut kedalam mata kuliah bisni seperti pemasaran dan
akuntansi.
2) Program
profesional misalnya asosiasi manajemen amerika menawarkan program khusus yang membahas
masalah-masalah penting saat ini, seperti etika.
3) Program
edukasi swasta seperti legal knowledge company menawarkan modul mata kuliah
berbasis weweb yang membahas berbagai permasalahan hukum dan etika. Mata kuliah
ini ditunjukkan untuk diperunakna perusahaan yang berusaha meningkatkan
kesadaran beretika karyawannya
Databases dan databases management system
PENGERTIAN
DATABASES/BASISDATA
Basis
data adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan
file lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk menginformasikan suatu
perusahaan atau instansi dalam batasan tertentu.
file lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk menginformasikan suatu
perusahaan atau instansi dalam batasan tertentu.
Istilah-istilah
Basis data
Beberapa hal
yang termaksud unsur-unsur dari basis data adalah sebagai berikut:
-
Entititas adalah orang,
tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam.
Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.
Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.
-
Field Setiap entity mempunyai
atribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Seorang siswa dapat dilihat
dari atributnya misalnya, NIM, Nama_siswa, Alamat.
-
Record adalah kumpulan isi
elemen data (atribut) yang saling berhubungan menginformasikan tentang
suatu entity secara lengkap.
Contoh
Kumpulan atribut NIP, Nama, dan alamat berisikan “01001245566”, Sanusi, Jl. Hati suci No 2
Kupang.
-
Data Value Merupakan data aktual
atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data.
-
Kunci Elemen Data ( Key
Data Element ) Tanda
pengenal yang secara unik
mengidentifikasikan
entitas dari suatu kumpulan entitas.Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai
atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data
npm.
-
Komponen-komponen
Sistem Basis Data ( Database )
Dalam Sistem
Basis data memiliki beberapa komponen yaitu:
-
Perangkat Keras (
Hardware ) yang
biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah memori sekunder hardisk.
-
Sistem Operasi (
Operating System ) merupakan
program yang mengaktifkan atau
mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan
melakukan operasi-operasi dalam komputer. Sistem Operasi yang banyak digunakan
seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, dan Unix
mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan
melakukan operasi-operasi dalam komputer. Sistem Operasi yang banyak digunakan
seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, dan Unix
MODEL
BASIS DATA
1)
Model Hirarkis / Model
Pohon
2)
Model Jaringan
3)
Model Relasional
MACAM-MACAM
PERINTAH DATA BASE
1) Bahasa
Definisi Data (Data Definition Language/ DDL)
2) Bahasa
Manipulasi Data (Data Manipulation laguage/ DML)
3) DQL
( Data Query Language)
PENGERTIAN
DATABASES MANAGEMENT SYSTEM
Sistem
Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat
lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol,
dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan
untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses
yang berbeda-beda. DBMS pada umumnya menyediakan fasilitas atau fitur-fitur
yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah, aman, dan cepat. Beberapa fitur yang
secara umum tersedia adalah:
·
Keamanan : DBMS
menyediakan sistem pengamanan data sehingga tidak mudah diakses oleh orang yang
tidak memiliki hak akses.
·
Independensi : DBMS
menjamin independensi antara data dan program, data tidak bergantung pada
program yang meng-akses-nya, karena struktur data-nya dirancang berdasarkan
kebutuhan informasi, bukan berdasarkan struktur program. Sebaliknya program
juga tidak bergantung pada data, sehingga walaupun struktur data diubah,
program tidak perlu berubah.
·
Konkruensi / data
sharing : data dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa pengguna karena
manajemen data dilaksanakan oleh DBMS.
·
Integritas : DBMS
mengelola file-file data serta relasi-nya dengan tujuan agar data selalu dalam
keadaan valid dan konsisten
·
Pemulihan : DBMS
menyediakan fasilitas untuk memulihkan kembali file-file data ke keadaan semula
sebelum terjadi-nya kesalahan (error) atau gangguan baik kesalahan perangkat
keras maupun kegagalan perangkat lunak.
·
Kamus / katalog sistem
: DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau katalog sistem yang menjelaskan
deskripsi dari field-field data yang terkandung dalam basisdata.
·
Perangkat Produktivitas
: DBMS menyediakan sejumlah perangkat produktivitas sehingga memudahkan para
pengguna untuk menarik manfaat dari database, misalnya report generator
(pembangkit laporan) dan query generator (pembangkit query / pencarian
informasi). Keunggulan
DBMS antara lain sbb:
Ø Mengurangi
duplikasi data atau data redundancy
Ø Menjaga
konsistensi dan integritas data
Ø Meningkatkan
keamanan data
Ø Meningkatkan
effisiensi dan effektivitas penggunaan data
Ø Meningkatkan
produktivitas para pengguna data
Ø Memudahkan
pengguna dalam menggali informasi dari kumpulan data
Ø Meningkatkan
pemeliharaan data melalui independensi data
Ø Meningkatkan
pemakaian bersama dari data
Ø Meningkatkan
layanan backup dan recovery data
Ø Mengurangi
konflik antar pengguna data
Kelemahan DBMS
antara lain sbb:
Ø Memerlukan
suatu skill tertentu untuk bisa melakukan administrasi dan manajemendatabase
agar dapat diperoleh struktur dan relasi data yang optimal
Ø Memerlukan
kapasitas penyimpanan baik eksternal (disk) maupun internal (memory)agar DBMS
dapat bekerja cepat dan efisien
Ø Harga
DBMS yang handal biasanya sangat mahal
Ø Kebutuhan
akan sumber daya (resources) biasanya cukup tinggi
Ø Konversi
dari sistem lama ke sistem DBMS terkadang sangat mahal, disamping biaya
pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak, diperlukan pula biaya pelatihan
Ø Apabila
DBMS gagal menjalankan misinya maka tingkat kegagalan menjadi lebih tinggi
karena banyak pengguna yang bergantung pada sistem ini.
DBMS yang
bermodelkan relasional biasa disebut RDBMS (Relational Data Base Management
System).
Ada Beberapa
Sifat yang melekat pada suatu relasi :
1)
Tak ada tupel (baris)
yang kembar)
2)
Urutan tupel tidaklah
penting
3)
Setiap atribut memiliki
nama yang unik
4)
Letak atribut bebas (
urutan atribut tidak penting)
5)
Setiap atribut memiliki
nilai tunggal dan jenisnya sama untuk semua tupel
Contoh produk
DBMS terkenal yang menggunakan model relasional antara lain adalah :
1)
DB2 (IBM)
2)
Rdb/VMS (Digital
Equipment Corporation)
3)
Oracle (Oracle
Corporation)
4)
Informix (Informix
Corporation)
5)
Ingres (ASK Group Inc)
6)
Sybase (Sybase Inc)
Komunikasi Data
Komunikasi
data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode
biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching dapat terjadi antara
komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan
peralatan.
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data.
Adapun
tujuan dari komunikasi data adalah sebagai berikut :
v Memunkinkan
pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan dan ekomis dari
suatu tempat ketempat yang lain
v Memungkinkan
penggunaan sistem komputer dan perlatan pendukung dari jarak jauh (remote
computer use).
v Memungkinkan
penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung
manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu sentralisasi.
v Mempermudah
kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai mcam sistem
komputer.
v Mengurangi
waktu untuk pengelolaan data.
v Mendapatkan
data langsung dari sumbernya.
v Mempercepat
penyebarluasan informasi.
Model
Komunikasi Data
Komunikasi
data berkaitan dengan pertukaran data diantara dua perangkat yang terhubuang
secara langsung yang memungkinkan adanya pertukaran data antar kedua pihak.
-
Komunikasi Data dan
Jaringan Komputer Source
(sumber) : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh telepon,
Personal Computer (PC)
-
Transmitter (pengirim):
Biasanya data yang dibangkitkan dari sister sumber tidak ditransmisikansecara
langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter cukup memindah dan menandai
informasi dengan cara yang sama seperti sinyal-sinyal elektromagnetik yang
dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan.
-
Sistem transmisi :
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission)atau jarinagn
komplek(complex network)yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan
(destination). Tujuan (destination) : menangkap data yang dihasilkan oleh
receiver
PENGERTIAN
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan
komunikasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terbentuk dari
interkoneksi fasilitas-fasilitas yang dirancang untuk membawa trafik dari
beragam sumber telekomunikasi. Atau bisa dikatakan merupakan sumber daya yang
dapat dipakai secara bersamaan (shared) oleh sejumlah end user untuk
berkomunikasi dengan user lain yang likasinya berjauhan.
Berikut beberapa
tipe jaringan Komunikasi:
a.
LAN (Local Area
Network) digunakan
untuk menghubungkan komputer yang berada di dalam suatu area yang kecil,
misalnya di dalam suatu gedung perkantoran atau kampus. Jarak antar komputer
yang dihubungkan bias mencapai 5 sampai 10 km. Suatu LAN biasnya bekerja pada
kecepatan mulai 10 Mbps sampi 100 Mbps.
b.
MAN (Metropolitan Area
Network) merupakan
suatu jaringan yang cakupannya meliputi suatu kota. MAN menghubungkan LAN-LAN
yang lokasinya berjauhan. Jangkauan MAN mencapai 10 km sampai beberapa ratus
km. Suatu MAN biasanya bekerja pada kecepatan 1,5 sampai 150 Mbps
c.
WAN (Wide Area Network) dirancang untuk
menghubungkan komputer-komputer yang terletak pada suatu cakupan geografis yang
luas,seperti hubungan dari suatu kota ke kota yang lain didalm suatu Negara.
Cakupan WAN bias meliputi 100 km sampai 1.000 km, dan kecepatan antar kota bias
bervariasi antara 1,5 Mbps sampai 2,4 Gbps
d.
GAN (Global Area
Network) merupakan
suatau jarinagn yang menghubungkan Negara-negara diseluruh dunia. Kecepatan GAN
bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi
ribuan kilometer.
Manfaat
penggunaan jaringan komputer
o
Berbagai perangkat
keras
o
Berbagai program maupun
data
o
Mendukung kecepatan
berkomunikasi
o
Memudahkan pengaksesan
informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar